Bank Syariah Mandiri Peduli Somalia




Kepedulian masyarakat Indonesia terhadap bencana kelaparan di Somalia terus mengalir. Salah satunya, datang dari  PT Bank Syariah Mandiri (BSM). BSM berkomitmen membantu masyarakat Somalia melalui Aksi Cepat Tanggap.

Komitmen tersebut ditegaskan Yuslam Fauzi, Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri pada pertemuan antara direksi PT Bank Syariah Mandiri dengan tim ACT di kantor pusat Bank Mandiri Jakarta, Jumat (23/9/2011). Dalam pertemuan tersebut, Yuslam menyatakan dukungannya terhadap kerjasama antara PT Bank Syariah Mandiri dengan ACT dalam program Food for Somalia di bawah naungan Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia (KISS) yang digagas oleh ACT.


Untuk itu, lanjut Yuslam, BSM telah mulai melakukan penggalangan dana untuk Somalia sejak bulan Ramadhan lalu. Menjelang lebaran, Yuslam mengimbau seluruh karyawan BSM untuk berlebaran secara sederhana.

“Lebaran ala kadarnya sebagai bentuk kepedulian terhadap penderitaan masyarakat Somalia. Saya mengajak para karyawan untuk menyisihkan sedikit dari rezeki yang di dapat,” tuturnya.


Yuslam menjelaskan, gerakan kepedulian PT Bank Syariah Mandiri juga merupakan bentuk character building  bagi segenap insan PT Bank Syariah Mandiri.


“Gerakan ini merupakan latihan belajar ikhlas memberi untuk kemanusiaan,” tuturnya.


Yuslam meyakini, dengan adanya sikap peduli terhadap lingkungan dan sesama akan 
membawa keberkahan bagi PT Bank Syariah Mandiri. Di samping itu, sikap peduli menurutnya juga perlu dikembangkan dalam pemberian kredit mikro bagi pengusaha kecil.


“Agar pemberian kredit lebih tepat sasaran,” tandasnya.

Sebelum bertemu Direksi PT Bank Syariah Mandiri, Tim ACT diberi kesempatan untuk memaparkan mengenai bencana kelaparan di Somalia kepada jamaah shalat Jumat di Masjid Bank Syariah Mandiri. Syuhelmaidi Syukur, Vice President ACT, kepada jamaah menjelaskan tentang penderitaan yang dialami oleh masyarakat Somalia akibat bencana kelaparan. Melalui pemutaran film dokumenter, Syuhelmaidi juga menjelaskan tentang perjalanan tim kemanusian Indonesia ACTion Team for Somalia selama melakukan aksi kemanusiaan di Somalia.


KISS-ACT telah memberangkatkan tim pertama ke Somalia dari tanggal 19 Agustus 2011 hingga tanggal 7 September 2011. Tim beranggotakan empat orang, termasuk dua dokter dan relawan logistik. Sedangkan tim kedua berangkat dari Jakarta pada Minggu (18/9/2011) lalu dan kini masih berada di Mogadishu, Somalia.


Dalam kesempatan tersebut, salah satu anggota ACTion Team for Somalia yaitu dr. Adji Suranto, SpA juga ikut bercerita tentang kondisi masyarakat Somalia yang ia temukan di lapangan. Menurutnya, kondisi masyarakat Somalia sangat memprihatinkan akibat kekeringan dan kelaparan. (Yana)



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s