Lebih 5.351 KK di Amanuban Timur Alami Rawan Pangan


Sudah hampir 7 bulan negara yang memiliki iklim tropis ini mengalami musim kemarau. Hitungan bulan pun tak lagi tepat seperti tahun-tahun sebelumnya. Bulan yang diakhiri dengan akhiran -ber pun tak lagi membuat senyum petani mengembang.


Keadaan demikian menyebabkan kondisi kekeringan melanda disebagian besar wilayah indonesia. Khususnya bagi daerah yang setiap hari mengandalkan hasil persawahan sebagai komoditinya. Kondisi tersebut sangat dirasakan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dan keadaan yang terparah terjadi di wilayah Indonesia Bagian Timur.


Laporan dari jejaring MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) di Nusa Tenggara Timur, bahwa ada 2 kecamatan yang terpantau mengalami rawan pangan. Tercatat di Kecamatan Amanuban Selatan Kabupaten TTS – Timor Tengan Selatan.

“Saat ini penduduknya sudah sampai makan putak (ubi hutan), bahkan ada yang sudah mulai makan biji asam jawa,” lapornya melalui pesan singkat.

“Sebenarnya kondisi tersebut diakibatkan gagal panen dan musin yang berubah tahun ini, waktu musim hujan mereka kena banjir bandang akibat sungai Noelmina yang meluap, sementara saat musim kemarau seperti sekarang mereka mengalami kekeringan,” imbuh Pak Mawe, jejaring MRI yang sering melakukan aksi kemanusiaan bareng ACT (Aksi Cepat Tanggap)

Sementara di 1 kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Amanuban Timur Kabupaten TTS terpantau lebih dari 5.351 KK dari 10 desa juga mengalami rawan pangan.
Mau bantu ? (sumber: http://www.mri.or.id)

Rekening Rawan Pangan Nusantara: 

BSM 0040119999, Mandiri 1010004802482, BCA 6760303133, BNI 0140765481 a/n Aksi Cepat Tanggap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s