Dari Siswa Ummul Quro Untuk Somalia



Bencana kelaparan di Somalia yang tak kunjung usai, semakin menggugah banyak pihak. Kali ini kepedulian datang dari para siswa SIT Ummul Quro-Bogor. Pekan kemanusiaan diadakan, pada Senin (10/10/2011) hingga Jumat (14/10/2011), para siswa melakukan penggalangan untuk Somalia di sekolah mereka yang terletak di Bogor ini. 

Sudah dua tahun terakhir ini, hujan tak kunjung turun di Somalia. Akibatnya, air yang merupakan kebutuhan pokok manusia menjadi sangat langka. Tanah-tanah kering dan tandus, tumbuhan dan hewan ternak juga ikut mati. Krisis pangan pun tak terhindari. Ribuan orang di pengungsian, tiap harinya mengantri untuk mendapatkan bantuan makanan.  

Puluhan ribu balita Somalia tewas akibat kelaparan, sedangkan puluhan ribu lainnya menderita gizi buruk akut dan terancam mengalami hal yang sama jika tidak mendapatkan pertolongan secepatnya. 

Melihat penderitaan rakyat Somalia tersebut, siapapun pasti akan tersentuh hatinya. Begitu pula dengan para siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ummul Quro-Bogor. Selama sepekan lalu, SIT Ummul Quro bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melakukan penggalangan dana untuk Somalia. Hasilnya, terkumpul dana sebesar Rp46.386.800. Dana tersebut akan disalurkan kepada rakyat Somalia melalui ACT yang sedang melakukan aksi kemanusiaan di Somalia. 

“Ini bukan sekedar penggalangan dana, tapi juga merupakan salah satu cara untuk membangun karakter peduli, empati, dan tidak egois,” tutur Syamsudin Harun, Katua Yayasan Ummul Quro-Bogor, pada saat serah terima donasi kepada ACT di Bogor, Senin (17/10/2011).   

Menurut Syamsudin, dari aksi kemanusiaan tersebut terlihat bahwa kepudulian para siswa Ummul Quro cukup tinggi. “Para siswa bahkan menggelar orasi di lapangan sekolah untuk menggugah kepedulian terhadap penderitaan rakyat Somalia,” tambahnya. 

Dalam rangkaian aksi kemanusiaan di Ummul Quro, juga diadakan kelas kemanusiaan. “Tim ACT menjelaskan tentang Somalia dari kelas ke kelas, dari TK sampai SMA” jelas Dwiko Hari Dastriadi, tim Partnership Relation ACT. 

Di samping itu, para siswa juga mengirimkan kartu pos kepada anak-anak Somalia. “Kartu pos sudah disiapkan oleh ACT dan nantinya akan dibawa ke Somalia oleh relawan ACT,” tambah Dwiko. 

Melalui kartu pos tersebut, para siswa Ummul Quro menyampaikan keprihatinannya atas bencana kelaparan yang menimpa Somalia, serta memberikan dukungan dan semangat kepada anak-anak di Somalia. 

Sahabat peduli, kalian tertarik melakukan hal yang sama dengan sahabat-sahabat di Ummul Quro, silakan hubungi Aan (082111509333). (Yana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s