ACT Distribusikan Bantuan Ke Turki



Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Turki, Ahad (23/10/2011), pukul 01.40 waktu setempat. Aksi Cepat Tanggap (ACT), sebagai lembaga kemanusiaan global segera merespons dengan mengirimkan bantuan bagi para korban gempa.

ACTion Team for Turkey, yang terdiri dari tiga orang relawan WNI di Turki dan seorang team leader, bekerjasama dengan NGO lokal mendistribusikan bantuan di Kota Ercis, Provinsi Van, Turki, Sabtu (29/10/20111). Sebelumnya, ACTion Team for Turkey juga melakukan koordinasi dengan pihak KBRI di Turki.


“KBRI mendukung penuh aksi masyarakat Indonesia di Turki. Insya Allah bendera Indonesia berkibar di sini,” tutur Andika, leader ACTion Team for Turkey.


Andika melaporkan, pada Ahad (30/10/2011), masih banyak warga Kota Van yang mengungsi. 

“Ada yang buat tenda-tenda di belakang rumah karena khawatir gempa susulan” tuturnya.


Ditambahkan Andika, gempa susulan hingga kini masih terus terjadi. “Tadi malam terjadi gempa di Kota Van 5.8 SR. Tadi pagi juga ada gempa kecil,” jelasnya.


Menurut Andika, di Kota Ercis rumah-rumah hancur dan puluhan ribu orang harus mengungsi ke tenda-tenda yang disediakan Pemerintah Turki dan NGO. Bangunan yang masih berdiripun kondisinya tidak layak untuk ditempati.


“Bangunan yang masih berdiri kondisinya retak-retak,” jelasnya.


Hingga saat ini, di tengah cuaca yang mencapai 2 derajat Celcius, tim rescue terus bekerja keras mencari korban yang mungkin masih tertimbun di antara reruntuhan gedung. Sementara itu, warga Kota Ercis juga masih terus mencari barang-barang yang bisa diselamatkan di antara puing-puing rumah mereka yang telah runtuh. (Yana)


Bantu korban gempa Turki:

BCA 6760303133, MAN 1010004802482, BSM 0040119999, BNI 0140765481 a/n Aksi Cepat Tanggap. 

Konfirmasi via SMS Center ACT 085330006000 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s