ACTion Team III Berangkat ke Somalia


Qurban, Pangan dan Seni untuk Kemanusiaan

Jakarta (KISS) –  Jumat (4/11/2011) November dinihari, ACTion Team for Somalia III KISS (Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia) bakal bertolak ke Somalia, melanjutkan kerja 2 tim sebelumnya. Tim III akan fokus pada pelaksanaan program Qurban for Somalia, melanjutkan program Food for Somalia dan melakukan rekaman kemanusiaan melalui produk seni rupa dan sastra


Tim III, terdiri dari Iqbal Setyarso (Team Leader) dan Farid Shan, yang akan bergabung dengan Andhika P. Swasono – Tim ACT-KISS sebelumnya, di Dubai. Andhika sendiri, meluncur dari Turki setelah menyampaikan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Turki. 

Berbeda dengan misi sebelumnya yang menekankan bantuan medis dan pangan, Tim III akan dilepas di Wisma Mandiri, Jakarta. Hal ini, terkait dengan penyerahan bantuan Bank Syariah Mandiri (BSM) melaui KISS senilai Rp 500juta untuk program Milk for Somalia dan Qurban for Somalia. Selain mengawal pemberian bantuan untuk pengungsi Somalia, Tim KISS juga akan melakukan rekaman kemanusiaan melalui produk seni rupa dan sastra. 

”Pelepasan Tim KISS sengaja ‘ditarik’ ke BSM, juga terkait dengan milad ke 12 kami. BSM hadir sebagai korporat yang menempatkan kepedulian pada kemanusiaan sebagai hal penting dalam pengelolaan perusahaan. Salah satu wujud konkret, kami mendukung KISS sejak program recovery sampai pembangunan shelter, penyediaan air bersih dan sanitasi untuk pengungsi,” tegas Dirut BSM Pusat Yuslam Fauzi.

Anggota Tim ini, Farid Shan adalah pelukis kelahiran Bangkalan, Madura. Farid sengaja dipilih sebagai anggota tim karena kekuatan sketsanya yang sarat nuansa sosial. 

“Farid akan melakukan ‘belanja visual’, membuat sketsa bertema ‘Seni untuk Perdamaian’ selama bertugas di kawasan pengungsi. Pertama, kami meyakini, nuansa seni lukis sketsa, cukup kuat untuk menangkap suasana batin problema Somalia. Kedua, melukis, merupakan bentuk ‘perlawanan’ atas penembakan terhadap fotografer oleh kelompok bersenjata yang kadang begitu mudah menewaskan orang lain, termasuk kematian rekan fotografer dari Malaysia,” jelas Syuhelmaidi Syukur, Direktur Eksekutif KISS.

Bersama Farid Shan, Iqbal Setyarso, jurnalis kemanusiaan yang sejak 1990-an kerap mendampingi berbagai lembaga kemanusiaan. “Misi Iqbal Setyarso mendokumentasikan dengan penanya melengkapi rekaman sketsa Farid. Kolaborasi keduanya, selain menghasilkan catatan visual, juga skrip dan film dokudrama. Kami mencoba memadukan kerja kemanusiaan dengan alur penceritaan yang menarik, sehingga, bukan hanya informatif tapi bisa menyentuh kepedulian global. Kami sangat menekankan, selain relief and charity, juga conditioning ke arah perdamaian,” demikian Syuhelmaidi melengkapi penjelasannya.

Dukungan untuk KISS datang dari Ikatan Keluarga Madura di Jakarta dan sekitarnya (IKAMA). Maklum, kedua sukarelawan KISS kali ini, Farid dan iqbal, sama-sama kelahiran Bangkalan, Madura Barat. 

“Kami sangat mendukung langkah-langkah kemanusiaan dari Komite ini (KISS). Kami bangga, ada putra Madura, berani dan mau mengambil tanggungjawab sebesar ini. Kami hanya bisa melepas anak-anak kami dengan Yasinan, sesuai tradisi keislaman masyarakat Madura. Semoga perjalanannya penuh berkah dan membawa manfaat. Sudah prinsip orang Madura, di mana saja, wajib memberi manfaat. Di mana saja. Bahkan ke Somalia, negara yang luar biasa masalahnya  melebihi masalah di negara kita,” ungkap Sekjen IKAMA, H. Syafi’i. 

Pengusaha besi tua yang cukup terpandang di Jakarta ini, menyatakan, akan membahas secara internal di IKAMA, langkah-langkah konkret apa yang bisa mendukung KISS sepulangnya putra-putra Bangkalan ini dari Somalia. 

Iqbal Setyarso yang sehari-harinya redaktur pelaksana http://www.khalifah.co.id dan majalah Khalifah e-paper ini, mengomentari perjalanannya. “Ini saatnya mempraktikkan secara luas, dengan dukungan bangsa Indonesia dan dunia kemanusiaan, paradigma jurnalisme kepemimpinan, pendayagunaan ketrampilan jurnalistik pada aksi kemanusiaan. Jurnalis dengan ketrampilannya, terlibat dam merancang kepedulian global lewat produk komunikasi. Misalnya, melalui film kemanusiaan, yang Insya Allah akan menjadi oleh-oleh kami sepulangnya dari Somalia,” ujar Iqbal Setyarso. 

Farid Shan, yang karyanya pernah dipamerkan di Amsterdam dan Kyoto, serta di berbagai kota di Indonesia sejak 1998 ini, mengaku kaget ketika ajakan Iqbal, dalam tempo tak sampai dua minggu, terwujud. “Ibu saya di Madura, kaget dan sempat keberatan saya ke Somalia. Tapi alhamdulillah, dengan penjelasan yang baik, bisa memahami makna misi kami ke Somalia. Kami tidak cari nama apalagi cari mati. Kami justru cinta kehidupan, sehingga mau menerjuni tugas dari KISS,” ungkap Farid, bapak dua anak yang beristrikan perempuan asal Majalengka ini. 

Ibnu Khajar, selaku penanggungjawab Global Qurban ACT (www.globalqurban.com) menegaskan, “Insya Allah, amanah peqkurban yang menitipkan qurban ke Somalia, akan sampai di tangan yang berhak. Program ini selaras dengan program Food 4 Somalia yang digelindingkan KISS sejak Ramadhan 1432 lalu. Bersama KISS, sejumlah lembaga juga menitipkan qurban yang digalang masing-masing lembaga. Sampai saat ini, tak kurang 300 ekor kambing dan 8 ekor unta siap diqurbankan di Somalia. Kami berharap sampai hari H terkumpul tak kurang 1000 ekor hewan qurban.”

Misi Tim KISS III, diharapkan membawa rekam jejak kemanusiaan Somalia dalam wujud lukisan sketsa. Karya itu akan dipamerkan keliling sebagai bentuk kampanye dan penggalangan dana kemanusiaan, baik di kota-kota di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu, rekaman visual akan “dijahit” sebagai sebuah film dokudrama kemanusiaan. 

“Sementara judulnya, ‘Somalia, Somalia’. Bintangnya, keroyokan, para relawan kemanusiaan. Skenarionya, juga ‘saweran ide’ antar pegiat kemanusiaan. Biayanya, saya kira, juga saweran, entah dari mana. Pasti, akan banyak yang mendukung,” ungkap Iqbal yakin. 


Rekening Food for Somalia:

BCA 6760302021, BSM 1010001114, Mandiri 1280004593338, BNI 0140765481, Muamalat 3040023015 a/n Aksi Cepat Tanggap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s