ACTion Team III Kawal Distribusi Qurban ke Somalia


Bandara Internasional Soekarno – Hatta terlihat lengang saat sejumlah kru Aksi Cepat Tanggap tiba pada Kamis (3/11/2011) malam untuk mengantar ACTion Team for Somalia III dari Komite Indonesia untuk Solidaritas Somalia (KISS) yang akan bertolak ke Somalia. Jum’at (4/11), sekitar pukul 00.40 dini hari,Tim KISS akhirnya bertolak ke Somalia.

Ini merupakan tim ke 3 yang menjalankan misi kemanusiaan di Somalia. Agustus lalu tepatnya bulan Ramadhan 1432 Hijriah, KISS mengirim tim pertamanya dengan misi bantuan medis, kemudian disusul tim kedua dengan misi bantuan pangan.

Menurut Syuhelmaidi Syukur, Direktur Eksekutif KISS, selain mengawal pemberian bantuan kurban untuk pengungsi Somalia, tim ini juga akan melakukan rekaman kemanusiaan melalui seni rupa dan sastra.

Adalah Iqbal Setyarso seorang jurnalis kemanusiaan dan Farid Shan seorang pelukis asal Bangkalan, Madura yang mengemban tugas ini. Sebelumnya, Kamis siang (03/11), bertempat di lantai 11 Wisma Mandiri 1, tim dilepas secara resmi oleh Duta Besar Somalia Mohamud Olow Barow, Direktur Utama Bank Syariah Mandiri (BSM) dan semua lembaga yang tergabung dalam KISS untuk bantuan kemanusiaan ini.

Sejauh ini bantuan Qurban yang terkumpul sebanyak 400 ekor kambing dan 20 unta. Bank Syariah Mandiri sebagai tuan rumah pelepasan tim KISS memberikan dana bantuan pangan dan susu senilai Rp 500 juta. Syukur berharap menjelang hari H bantuan kurban dapat meningkat lagi menjadi 1.000 ekor.

Sesampainya di Dubai, menurut rencana tim akan bergabung dengan Andhika P. Swasono – Tim Aksi Cepat Tanggap-KISS sebelumnya. Andhika sendiri belum lama bertolak dari Turki setelah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa disana. (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s