Qlobal Qurban: Nikmatnya Berbagi



Program Global Qurban, Aksi Cepat Tanggap (ACT) tahun 2011 berlangsung sukses. Daging kurban dari donator berhasil didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan target qurban 1.000 ekor untuk rakyat Somalia yang dilanda bencana kelaparan berhasil dipenuhi. Sebanyak 1000 ekor kambing dan 14 ekor unta rampung dibagikan kelokasi-lokasi rawan pangan Somalia.

Ada kisah-kisah menarik dari perjalanan kegiatan mulia ini. Di Indonesia kisah tersebut datang dari testimoni masyarakat dan kesaksian relawan yang turun langsung ke lokasi. Dari Gaza, Palestina, cerita itu tercipta dari ruang-ruang pengap jalur terowongan bawah tanah. Somalia dengan iring-iringan domba dalam truk, tak kalah menariknya.

Dari data yang dikumpulkan oleh tim Global Qurban, ACT, total hewan qurban yang berhasil dihimpun dan disalurkan adalah 1891 ekor yang tersebar di 16 titik termasuk Indonesia, Somalia dan Palestina.

Nikmatnya memberi dan berbagi memang tak dapat diungkapkan. Ketika mereka yang menerima tersenyum, itulah indahnya berbagi. Dari kegiatan Global Qurban ACT ditanah air, masyarakat begitu antusias menyambut. Seperti warga dusun Leuwisimar, Desa Mandalakasih, Kec. Pameungpeuk, Garut Jawa Barat yang sempat terkena bencana Banjir dan Gempa. “Dengan adanya Global Qurban dari ACT, kami warga Leuwisimar merasa gembira dan bahagia, semoga Global Qurban ACT terus jaya.” Ungkap salah seorang warganya, saat prosesi penyembelihan di Masjid Al Hidayah.

Cerita lain datang dari Jawa Timur. Warga Desa Mindi, Kec. Porong, Sidoarjo yang menjadi Korban bencana lumpur Lapindo, mengaku sangat senang mendapat bantuan qurban. “Senang, ramai bisa berkumpul seperti ini, biasanya belum pernah,” kata Johan. Bambang yang juga warga Mindi mengunkapkan rasa senangnya. “Saya senang, bangga, bersyukur, semoga tahun depan seperti ini lagi.”

Tak ketinggalan Takmir masjid Nurul Islam Ustad Sholeh menyampaikan testimoninya. “Bersyukur, senang sekali karena daerah kami mendapat perhatian dari ACT.” kata Ust. Sholeh. Salah satu warga yang tak ingin diketahui identitasnya malah berkomen ringan. “Saya betul-betul gak nyangka, ternyata ada organisasi kayak ACT yang percaya buat beri kami kambing 20 ekor, biasanya 3 atau 5 ekor saja, ini sih bisa dibagi kewarga lain, kalo bisa sih, tahun depan dapat sapi.” Ucapnya sembari tersenyum

Dari dusun Kampung Muka, Kel. Ancol, Pademangan, Jakarta Utara yang sempat ditimpa bencana banjir, muncul testimoni yang lebih polos dari siswa Sekolah Dasar (SD) 03 Pagi Ancol. “Alhamdulillah, saya gembira karena saya mendapat daging qurban dari ACT dan pak Salim karena saya jarang makan daging,”kata Bagus 12 tahun siswa kelas 6 SD 03 Pagi, Ancol. Nova 9 tahun, siswi kelas 3 SD 03 pagi, Ancol juga tak mau ketinggalan. “Senang, terima kasih untuk ACT dan pak Salim sudah memberi saya daging kurban, saya senang sekali akhirnya makan daging kurban,” ucapnya tersipu

Memberi memang menyenangkan, apalagi saat kita menyaksikan ekspresi syukur mereka yang menerima bantuan. Tahun ini menjadi berkah bagi kita sebab kegiatan Global Qurban berjalan lancar. (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s