ACT adakan pelatihan Water Rescue

Penghujung tahun memang telah menjadi kalender musim penghujan di sebagaian besar wilayah di Tanah Air. Dan sudah pasti beberapa wilayah langganan banjir akan bersiap-siap menghadapi lupan bahkan terjangan air.
Merespons siklus musim ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mempersiapkan langkah-langkah antisipasi pada tahap kesiapsiagaan (Preparedness). Dalam konsep Manajemen Bencana Terpadu (Total Disaster Management) hal ini perlu dilakukan sebelum masuk pada tahap Gawat Darurat (Emergency).

salah satu bentuk nyata dari persiapan tersebut adalah mengadakan pelatihan-pelatihan penanganan bencana, khususnya banjir. Sabtu (19/11) tim Rescue ACT yang dipimpin komandan Rescue Ahmad Rifai rencananya akan mengadakan pelatihanWater Rescue sebagai antisipasi bencana banjir. Dalam pelatihan ini akan di lakukan penguatan pengorganisasian relawan, latihan mengemudikan perahu, latihan renang serta tahapan penyelamatan dalam air.

“Kegiatan seperti ini mesti dilakukan secara rutin, apalagi saat musim hujan telah tiba. Selain membiasakan relawan dengan kondisi dan peralatan rescue, pelatihan juga berfungsi untuk menguatkan konsolidasi antar relawan,” kata Rifai.
Pelatihan hari sabtu nanti rencananya akan berlangsung dari jam 7 pagi hingga selesai, bertempat di wilayah Tanggerang Selatan, di kawasan Danau Puspitek. “Bisa jadi ini adalah pelatihan gelombang pertama, dan akan ada pelatihan gelombang selanjutnya, kalau permintaan untuk pelatihan dari relawan masih berdatangan, tergantung kondisinya,” jelas Rifai (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s