Geliat Recovery Ekonomi Merapi

Recovery ekonomi korban letusan Gunung Merapi 2010 bagi warga penghuni Intregrated Community Shelter (ICS) merupakan contoh sukses pengembangan ekonomi yang dilakukan oleh ACT. Beberapa bidang usaha berhasil dikembangkan sehingga mampu menjadi tumpuan ekonomi bagi para korban Merapi.

Bencana besar erupsi Merapi tak hanya memporakporandakan bangunan fisik, tetapi juga perekonomian warga Merapi. Karena itu, selain menyediakan sarana permukiman beserta fasilitasnya (Hunian Nyaman Terpadu/ICS), ACT juga melakukan recovery ekonomi melalui program pengembangan usaha masyarakat.

“Spirit dari recovery ekonomi korban Merapi adalah membangun kemandirian korban bencana,” tutur Sukorini, Manajer Program Pengembangan Masyarakat ACT.

Beberapa usaha yang berhasil dikembangkan di ICS yang terletak di Dusun Gondang Legi, Padukuhan Pandan Purwo, Hargo Binangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, Yogyakarta ini di antaranya yaitu budidaya burung kenari dan jamur, usaha perdagangan, serta holtikultura. 

Recovery ekonomi diawali dengan pemberian modal usaha kepada para korban Merapi yang tinggal di ICS. Besarnya modal yang diberikan kepada masing-masing KK bervariasi antara Rp1.000.000-Rp2.000.000, tergantung dari kebutuhan masing-masing usaha.

Di samping pemberian modal usaha, ACT juga melakukan pendampingan usaha yang rutin dilakukan setiap minggu.

Saat ini, jumlah KK yang didampingi ACT berjumlah 27 KK. “Beberapa KK yang memiliki usaha yang sama bergabung menjadi satu kelompok usaha. Satu kelompok maksimal 5 KK”, jelas Sukorini.

“Saat ini perkembangan usaha korban Merapi cukup baik. Di samping itu, kegiatan recovery ekonomi ternyata juga mampu menjadi healing bagi para korban yang kehilangan hampir seluruh aktivitasnya akibat bencana Merapi” tambahnya. (Yana)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s