Bengkel Gizi Terpadu Menarik Minat CSR



Kamis (24/11/2011), tim medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali mengunjungi Bengkel Gizi Terpadu (BeGitu) di Desa Pengadegan, Kec. Pasar Kemis, Kab. Tanggerang. Kegiatan rutin dua pekan sekali ini telah berlangsung selama dua tahun. Relawan ACT yang juga ahli gizi anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr. Adji Suranto turut hadir.

Desa Pengadegan merupakan salah satu wilayah yang masih mengalami krisis gizi dan kesehatan. Sistem sanitasi yang buruk, sumber air bersih yang kurang, hingga faktor keterbatasan ekonomi warga menyebabkan kondisi kesehatan dan gizi luput dari perhatian mereka. Situasi ini diperparah dengan akses pelayanan kesehatan yang jauh.

“Bengkel Gizi ini duluan ada ketimbang Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes),” ujar Ibu Lim salah satu warga yang memiliki anak penderita gizi buruk. 

Sebelum adanya Puskesdes di desa mereka, warga harus pergi ke desa Kuta Bumi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Selain menyediakan pelayanan kesehatan, Bengkel Gizi Terpadu yang dikelola sekitar delapan orang relawan lokal ini juga menyediakan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lengkap dengan ruang belajar dan perpustakaan mini.

Pada kesempatan kali ini, manajemen PT. Pama Persada Nusantara yang berkantor pusat di Pulogadung, Jakarta Timur turut hadir. Sebagai kontraktor pertambangan terkemuka di Indonesia, perusahaan ini ingin melakukan studi banding ke Bengkel Gizi Terpadu guna memaksimalkan program CSR-nya ke depan.

Paket pelayanan kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan, pengobatan, dan pemberian paket makanan bergizi. Antusiasme warga terlihat dari daftar pasien yang mencapai 60 orang. Puluhan anak lain juga terlihat asyik bermain dan membaca buku cerita. Hasan, salah seorang anak penderita gizi buruk pun terlihat riang dengan kondisi yang jauh lebih baik. (Ojan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s