Dunia Perguruan Tinggi Siap Bersinergi

Dalam beberapa waktu terakhir, intensitas hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya makin meninggi. Warga Jakarta yang setiap tahunnya menjadi korban banjir di Ibu Kota pun sudah mulai resah, ditambah beredarnya isu banjir besar lima tahunan yang mungkin terjadi di awal tahun 2012. Apalagi, banjir sudah mulai menggenangi beberapa wilayah rawan banjir di Jakarta seperti Pondok Labu, Bidaracina, dan Pangadegan.

Mengantisipasi banjir tahunan yang biasanya terjadi di musim penghujan, ACT mengajak berbagai pihak untuk ikut peduli bencana. Salah satunya yaitu dari kalangan mahasiswa yang dianggap memliki potensi besar untuk melakukan gerakan pengabdian masyarakat.

“ACT mengajak mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat. Diawali dengan kegiatan respons banjir, diharapkan ke depannya kampus-kampus dapat bersinergi dengan ACT sesuai dengan bidangnya masing-masing” tutur Dwiko Hari Dastriadi, tim Partnership Relation ACT.

Hal tersebut disampaikan Dwiko dalam pertemuan silaturahmi ACT dengan perwakilan mahasiswa dari beberapa kampus di Jabodetabek. Pertemuan yang berlangsung pada Kamis (24/11/1011) di kantor ACT tersebut membahas rencana pelatihan water rescue bagi mahasiswa yang akan diselenggarakan oleh ACT.

“Pelatihan ini sebagai bentuk siaga banjir Jakarta yang biasanya datang setiap tahun di musim hujan” tambah Dwiko.

Rencananya pelatihan water rescue tersebut akan diadakan pada Sabtu (10/12/2011) mendatang di danau Universitas Indonesia – Depok.

“Masing-masing kampus akan mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelatihan yang nantinya akan diturunkan pada saat bajir datang” jelas Dwiko.

Ajakan tersebut mendapatkan respon positif dari perwakilan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lima orang perwakilan UIN yang datang bersedia mengikuti pelatihan water rescue. Di samping itu, mereka juga akan mengajak himpunan mahassiswa Fakultas Kedokteran UIN Jakarta untuk ikut bergabung dalam aksi kemanusiaan ACT, seperti program bengkel gizi terpadu (BeGiTu).

Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Pamulang pun tak ketinggalan, perwakilan UnPam yang datang akan mengerahkan mahasiswa pencinta alam lainnya untuk ikut membantu ACT dalam respons banjir Jakarta. (Yana)

Keterangan foto :
Pelatihan Water Rescue ACT 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s