Ajak Korban Bencana Turut Berpartisipasi

Seorang relawan dari sebuah organisasi yang masuk ke nagari Simpang berkata di sela-sela pertemuan istirahat siang di Posko Pemerintah Daerah. “Sepertinya bang pemuda di sini tidak peduli terhadap lingkungan mereka. Buktinya ketika relawan bekerja mereka hanya menonton,” ujar relawan tadi.  

“Jangan cepat menilai dinda. Ini bencana bukan situasi yang normal. Banyak faktor yang mungkin berpengaruh terhadap mereka. Bahkan bisa saja hal ini buah dari sikap kita memandang mereka,” timpal saya kepada relawan tersebut.

Cara pandang yang sangat keliru apabila kita menganggap orang yang tertimpa bencana adalah orang yang perlu dikasihani atau korban yang tidak berdaya. Cara pandang  yang sangat keliru tersebut sering kita jumpai dalam setiap aksi kemanusiaan. Apakah kita sudah pernah meminta partisipasi mereka sebelum kita melayangkan tuduhan? Sang relawan hanya terdiam. Mungkin masih bingung karena juga baru sekali ini ikut aksi kemanusiaan.

Pembicaraan siang itu menjadi topik hangat relawan di posko ACT Kp Melayu. Relawan ACT yang 90% adalah putra asli nagari tertantang untuk membuktikan bahwa pernyataan relawan di atas adalah keliru.  Maka disusunlah rencana bagaimana  pemuda nagari mulai bergerak melakukan rehabilitasi terhadap fasilitas-fasilitas umum yang ada di nagari.

10 relawan yang ada akan menggalang minimal sebanyak 10 orang pemuda untuk melaksanakan gotong royong membenahi saluran irigasi yang rusak akibat banjir bandang sehingga sawah-sawah dapat kembali dialiri air.

Esok harinya, modal sosial itupun menampakkan wujudnya. Lebih seratus pemuda nagari bergerak menuju kapalo banda (hulu bandar) untuk membenahi saluran irigasi. Tanpa mempedulikan lembaga-lembaga ataupun tamu-tamu dari luar yang berdatangan mereka terus bekerja bahu membahu membenahi saluran yang terputus. Inilah jawaban yang mereka berikan dari apa yang telah dituduhkan kepada mereka (Catatan Jajang, relawan ACT di Nagari Simpang yang dilanda galodo, banjir bandang).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s