Aksi Relawan Medis di Kampung Bandan

Kebakaran yang melanda kawasan pemukiman padat Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara sudah hampir sebulan berlalu. Namun, akibatnya masih dirasakan para korban.

Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama relawan medis dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI), Minggu (5/2/2012) memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi para korban kebakaran dan warga sekitar.

Pelayanan kesehatan dilakukan diberikan di gedung Uswatun Hasanah milik Ustadz Salim, relawan ACT. Beberapa kegiatan pendidikan gratis dilaksanakan di gedung ini, di antaranya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak, termasuk program Rumah Belajar Anak (RBA) yang dikembangkan ACT sejak tahun 2010.

Tim membuka pelayanan kesehatan pada jam 10 pagi dan berakhir jam 3 sore. Meski titik pelayanan kesehatan ini berada di RT 09, namun warga yang datang memeriksakan kesehatan berasal dari berbagai wilayah.

“Saya senang ada pelayanan kesehatan di sini, gak jauh-jauh lagi naik ojek ke puskesmas, apalagi gratis begini, kalo bisa sering-sering aja begini,” celetuk Mira (40) warga RT 09. Suparsih dan Surya, dua orang perempuan paruh baya yang duduk di samping Mira juga mengungkapkan hal serupa.

Hamzah (47) bahkan menunjukkan luka kecil di jari tangannya yang sulit sembuh karena kadar gula darahnya kembali tinggi.

“Ini udah lama belum sembuh-sembuh, syukurlah ada pengobatan gratis di sini, orang susah kayak kita susah beli obat. Mahal,” tutur Hamzah.

Saat pelayanan kesehatan ditutup pada jam 3 sore, tercatat 169 pasien yang terlayani.
“Warga begitu antusias, sampai-sampai kita sempat kewalahan, tapi senyum mereka memberi kita semangat dan kekuatan, semua terasa nikmat dan seru kalau dijalani dengan ikhlas,” ujar Rizki, Mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2007 di UI. (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s