Kebersamaan yang Indah di Bukit Duri

Kodar terlihat memberi arahan bagi beberapa pemuda yang berdiri bersamanya, tangannya menunjuk ke beberapa arah. Sementara air merendam kaki mereka hingga setinggi lutut. Kodar terlihat tenang, aura positif yang tampaknya menular pada lawan bicaranya.
Kodar, pria paruh baya warga RT 10/RW 10, Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Timur. Kamis (1/3/2012) siang itu Kodar berinisiatif mengkoordinir pemuda untuk membantu warga yang rumahnya masih tergenang air.
Senin (27/2/2012) dini hari lalu, Kodar bersama warga Bukit Duri lainnya hanya bisa pasrah saat air yang masuk kepemukiman mereka meninggi hingga 1,5 meter. Kelurahan Bukit Duri memang berada tepat di pinggir kali Ciliwung, sebuah jawaban kenapa banjir kerap menggenangi wilayah ini.
Belum memadainya tanggul penahan air membuat tiga RT di wilayah RW 10 tergenang, ketiganya adalah RT 10, 11 dan 15. Warga yang terkena dampak pun mengungsi ke rumah keluarga, atau ke masjid, sebagian lagi memilih bertahan di lantai atas rumahnya.
Kodar menghampiri kami, siap membantu semampunya. Kami yang tergabung dalam tim Emergency, Aksi Cepat Tanggap (ACT), siang itu menyalurkan bantuan berupa selimut, susu, makanan serta perlengkapan mandi dan mencuci.
Meski langit Jakarta siang itu kembali mendung, namun berkat bantuan Kodar dan petugas RT setempat, kami berhasil menyalurkan 300 paket bantuan kepada 300 kepala keluarga di RT 10.
Kodar berharap hujan tak lagi turun di Bogor atau Depok. Jika itu terjadi, menurutnya air hanya membutuhkan waktu 5 jam untuk sampai ke pemukiman mereka.
Kami sadar bantuan tersebut belum menjawab keresahan para korban. Setidaknya kehadiran kami membuat Kodar dan warga Bukit Duri tidak merasa sendiri menghadapi bencana ini. “Terima kasih atas bantuannya pak,” kata Kodar saat beristirahat seusai penyaluran bantuan. Kebersamaan yang indah. (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s