Puting Beliung di Sidrap, Ratusan Mengungsi

Ratusan warga desa Wette’e Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidrap, Sulsel, terpaksa kehilangan rumah tinggalnya akibat puting beliung. Angin berkecepatan sangat tinggi dan bertekanan besar melintasi desa tersebut pada pukul 17.35 WITA. Angin yang di perkirakan berkecepatan diatas 40-50 kilometer per jam tersebut juga merenggut nyawa 3 warga, 47 luka-luka dan 215 lainnya terpaksa mengungsi. Sebanyak 47 rumah hancur rata dengan tanah.

“Data awal kami himpun terdapat 9 orang tewas malam kejadian itu karena memang suasana panik dan kami sibuk menyelamatkan korban luka-luka untuk bisa tertangani dengan baik. Namun esok harinya setelah kami mendata lagi, orang-orang yang disangka meninggal ternyata telah mengungsi jauh dari desa. Kami pastikan sampai saat ini hanya ada 3 orang yang meninggal di desa ini yakni H Rosi (laki-laki 60 tahun), Janggo Sana (60 tahun) dan Lina (perempuan 30 tahun) yang sedang hamil tujuh bulan,” tutur Irna, Lurah Desa Wette’e.

Salah satu korban luka berat adalah Hj Nonci (60) yang kakinya mengalami patah tulang akibat tertimpa tiang tengah penyangga atap.

“Eee…wettuero itajengngi wettu magaribi, tappa miri anging maka ladde naropo manangngi sininna nalaloiye” (Saat itu kami sedang menunggu Magrib. Tiba-tiba angin kencang itu datang merobohkan semua yang dilewatinya),” tutur suaminya, Haji Nonci dengan logat dan bahasa bugis yang sangat kental.

Ketika kami bertanya mengapa istrinya sampai terluka parah, warga yang berprofesi sebagai nelayan ini kembali menuturkan, “Wettuero sibawaka beneku melo bantui anakku, tapi maladde miri anging lettu ropoi bolaku. beneku nakenna pangate bola namalo’ alena, naiya anakku ikiringi lao Makassar (Saat itu saya & istri saya berupaya untuk menyelamatkan anak kami, namun angin semakin kencang sehingga rumah kami roboh. Istri saya akhirnya tertimpa atap rumah sehingga luka parah dan harus di rawat di Makasar).” (Elid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s