Sederet Korban Amuk Puting Beliung

Bencana Puting beliung tampaknya menjadi trend di paruh awal 2012 ini. Untuk bulan januari saja menurut Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono tercatat 35 kabupaten/ kota diterjang puting beliung di wilayah Jawa dan Bali.

Musibah ini menelan 14 orang korban meninggal dunia, 60 orang luka-luka, 2.364 rumah rusak, dan tumbangnya pohon-pohon dan billboard di ibukota Jakarta.

Pada Sabtu (21/1/2012) petang, sebanyak 56 rumah warga di Dusun Ganggang Malang, Desa Sumengko, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, rusak diterjang angin puting beliung.

Tanggal 25 Januari 2012 puting beliung menghantam Kepulauan Seribu, sebanyak 555 rumah warga dan 3 bangunan sekolah rusak, serta 22 tiang listrik roboh, kerugian materi pun ditaksir mencapai 8,9 miliar rupiah.

Hanya berselang 3 hari, puting beliung kembali melanda Denpasar, Bali, memporak-porandakan sedikitnya 42 rumah warga dan 2 rumah ibadah di kawasan Tukad Balian.

Menjelang akhir bulan, tepatnya 28 Januari, putting beliung mengunjungi tiga kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Ketiga Kecamatan itu adalah Kecamatan Pangkajene, Bungoro dan Labbakkang. Puluhan kepala keluarga harus tinggal di tenda darurat sebab rumah mereka rusak diterjang angin.

Selain merusak sekitar 123 rumah, angin kencang juga memutuskan jaringan listrik. Tercatat 18 korban, 2 diantaranya menjalani rawat inap di RSUD pangkep karena terluka akibat terkena reruntuhan bangunan warga.

Memasuki minggu pertama Februari, puting beliung merobohkan dua lokal SDN Daramista III kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Minggu kedua Februari, angin kencang kembali merusak sedikitnya 100 rumah di Kota Pare-pare, Sulawesi Selatan.

Tanggal 24 Fabruari, untuk ketiga kalinya puting beliung mengunjungi wilayah selatan Sulawesi. Lebih dari 60 rumah rusak dan 4 orang korban jiwa tersisa akibat amukan angin dengan kecepatan mencapai 50 kilometer per jam.

Di waktu yang sama, puting beliung juga berkunjung ke Pakpak Barat, Sumatera Utara. Akibatnya satu orang korban meninggal dan 39 rumah di Kecamatan Salak dan Simpakrobe rusak berat.

Yang paling hangat, Minggu (26/2/2012) siang, amukan puting beliung memporak-porandakan Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Sebanyak 53 rumah mengalami kerusakan.

Selang beberapa jam, giliran tiga desa yakni Sanan, Pace Kulon dan Babatan, Kecamatan Pace, Kabupaten, Nganjuk, Jawa Timur yang menjadi sasaran puting beliung. Ini kali kedua setelah bencana serupa melanda wilayah ini 25 hari sebelumnya. (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s