Islamic Book Fair: Bangun Prestasi dan Karakter Bangsa

Islamic Book Fair (IBF), ajang pameran buku Islam terbesar di Indonesia dibuka Jum’at (9/3/2012) siang. Menteri pendidikan dan kebudayan Prof. Dr. Mohamad Nuh hadir membuka acara. Tema yang diusung pada IBF ke 11 ini adalah “Kuat dan Mandiri dengan pendidikan Qur’ani”. Pameran buku yang bertempat di Gedung Istora Senayan, Jakarta ini akan berlangsung 10 hari, hingga tanggal 18 Maret nanti.

Menurut Khaerudin, ketua panitia IBF 2012, agenda pameran buku tahunan ini tidak dapat dipandang sempit dengan mengeksklusifkan diri hanya untuk buku bernuansa Islam. Tema yang diangkat bermaksud agar semua pihak yang merasa bertanggung jawab dalam membangun karakter bangsa dapat mengambil bagian di dalamnya.

Acara pembukaan ini, sekaligus dirangkaikan dengan penganugrahan IBF Award. Penghargaan ini terbagi atas 2 tema yakni Tokoh Perbukuan Islam dan Buku Islam Terbaik. Penilaian untuk Tokoh Perbukuan Islam dilakukan oleh Pengurus IKAPI DKI Jakarta, sedangkan untuk kelompok Buku Islam Terbaik penilaian dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari 1 orang Ketua dan 4 orang anggota.

Pemenang Buku Islam Terbaik yang terbagi dalam 5 kategori hari itu jatuh pada buku “Antara Ibuku dan Ibuku” untuk kategori Fiksi Dewasa terbaik, “Anak Cerdas” untuk kategori Non Fiksi Anak terbaik, “Pesan-Pesan Islam” untuk kategori Non Fiksi Dewasa terbaik, serta “Buku Induk Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi” untuk kategori terjemahan terbaik.

Sementara Tokoh Perbukuan Islam diraih oleh Asma Nadia, pengarang sedikitnya 45 buku kurun waktu 2000-2011. Beberapa diantaranya telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa. Terkait prestasinya, tak tanggung-tanggung Asma telah hadir di beberapa negara seperti Swiss, Roma, hingga Jerman.

Untuk menularkan semangat baca tulis, saat ini Amsa Nadia telah membangun puluhan perpustakaan di seluruh penjuru tanah air, hingga ke Papua. “Anak Indonesia harus mampu mengakses buku meski tak punya uang yang cukup untuk membeli,” ucap Asma saat menerima penghargaan.

Selain pameran buku, IBF kali ini juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan lain diantaranya bedah buku, jumpa tokoh nasional dan internasional, seminar atau diskusi, termasuk menggelar festival nasyid tingkat nasional. Mari mencintai buku. (Ojan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s